Pages

Senin, 28 Februari 2011

EMINEM

EMINEM
            Eminem dilahirkan sebagai Marshall Bruce Mathers III pada 17 Oktober 1972 di
St. joseph, Missouri, AS.
            Sebagai seorang anak, keluarga ini berpindah-pindah secara berkala. Seringkali membuat Eminem merasa seperti orang terbuang dan menjadi subjek aniaya.
            Satu insiden dengan teman sekolahnya D’ Angelo Bailey membuat Eminem masuk rumah sakit. Belakangan dia membuat lagu kejadian itu dimana dia menggelembungkan peristiwa itu dalam sebuah lagu berjudul “Brain Damage”.
            Marshall mulai tampil saat berusia 14 tahun dan segera menciptakan rap bernama M&M yang belakangan dia ganti namanya menjadi Eminem. Meski menghadapi tantangan besar di dunia Hip Hop Detroit karena warna kulitnya, dia memilih jalan terbaik, yaitu membuktikan kemampuannya dengan rapper lainnya di klub.  Itu butuh waktu lama, tetapi pada akhirnya menjadi atraksi popular pada klub dimana ia tampil.
            Alasan ekonomi seringkali menyebabkan Eminem dan ibunya berpindah-pindah, jadi mereka seringkali menumpang pada rumah siggah atau menumpang pada kerabat yang peduli mereka. Ibu Eminem, Debbie juga mengkonsumsi Valium dan Vicodin saat-saat ini  (secara legal).
            Eminem menghadiri Lincoln High School di Warren, Michigan, dimana setelah gagal naik kelas tiga kali di kelas Sembilan, dia di-DO dari sekolah pada usia 17 tahun. Bagaimanapun, dia memegang teguh beberapa hubungan dengan orang-orang di sekolah itu, termasuk teman-temannya, yaitu rapper Proof, dan juga seseorang yang kemudian menjadi istrinya, yaitu Kimberly Ann “Kim” Scoot.
            Kim melahirkan anak perempuan pada 25 Desember 1995 yang bernama Hailie Jade Scott. Eminem bekerja keras untuk member anaknya segala hal yang ia tidak terima selama ia menjadi seorang anak.
            Dia pertama kali bergabung dengan kelompok “New Jacks” dan kemudian pada kelompok “Soul Intent” yang akhirnya merilis album singelnya pada tahun 1995. Side B dari singlenya dikerjakan oleh Proof, yang belakangan memulai kelompok D-12 dengan Marshall.
            Pada tahun 1996, Eminem merilis album perdana independennya, “Infinite”. Bagaimanapun usaha album pertamanya ini gagal membukukukan keuntungan, Kim bahkan mengakhiri hubungan mereka dan keduanya akhirnya menikah pada 14 Juni 1999
            Pada tahun Marshall atau Eminem merilis “The Slim Shady LP Demo”. Artis rap dan produser Dr. Dre mendengar kopi demo Marshall dan setuju untuk menandatangani rekaman.
            Pada tahun 1999, Eminem merilis “The Slim Shady LP” pada Interscope dan mendapatkan tiga platinum. Pada Mei 2000, Eminem merilis “The Marshall Mathers LP” dan terjual enam juta kopi. Beberapa single album menjadi hits, yaitu “The Real Slim Shady,” “Stan” dan “The Way I Am.”
Sejak  tahun 2001 hubungan Eminem dengan Kim kembali hidup, mati lagi, dan mereka kembali menikah dan menyatakan perceraian kembali pada tahun 2006.
Ketika “The Marshall Mathers LP” dinominasi untuk Grammy, kelompok hak asasi kaum gay GLAAD, segera mengadakan boikot terhadap Grammy. Eminem berespon dengan menyanyikan lagu duet dengan penyani gay yang berpikiran terbuka, Elton John, yang diakhiri dengan pelukan.
Pada tahun 2001, Eminem kembali bekerja sama dengan “D-12” dan merilis album mereka. Mereka turun ke jalanan di musim panas dan atas kedatangannya kembali, Eminem membuat film berjudul “8 Mile” yang berdasarkan pada pengalaman hidupnya sendiri.
Pada tahun 2002, single Eminem “Without Me” menempati posisi hits. Hits ini menampar artis Moby dan Limp Bizkit, dan pada acara MTV Video Music Award, Eminem secara verbal Moby dari panggung. Album “Eminem Show” menjadi hits yang mendobrak balntika musik. Setelah album ini diikuti album berikutnya, yaitu “Encore” pada tahun 2004.
Single lagu pertama dari album “Encore” yaitu “Just Lose It” mengundang kontroversi ketika videonya tampil Eminem membawakan parody tentang Michael Jackson. Banyak kawan Michael Jackson menentang videonya.
Eminem juga menandatangani kesepakatan dengan Sirius Radio pada tahun 2004 untuk memproduksi stasiun radio rap yang diberi nama “Shade 45”. Dia juga punya perusahaan pakaian yang disebut Shady LTD. Eminem juga menjadi produser music.
Sejak tahun 2005, berbagai rumor telah mengemuka yang mengisyaratkan bahwa Eminem sedang mencari cara untuk pensiun, padahal Eminem telah mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana seperti itu.
Eminem adalah figure selebriti yang hidup masa mudanya dalam kepahitan dan kurangnya kasih sayang.   
           

0 komentar:

Posting Komentar